Mukjizat Itu Ada Di Dalam Rumah

Assalamu`alaykum warahmatullah wabarakaatuh.



Kebiasaan apa yag sering kita lupakan, sahabat?
Kalo aku, membaca Al-Qur`an.
Padahal sudah diletakkan di kamar, tempat yang sering aku lihat. Tapi lepas sholat wajib, suka banyak banget alesan buat menghindari Al-Qur`an. Yaa...ngurus anak laah, yaa...buka handphone, atau malah wudlunya keburu batal.

Godaan oh...godaan.

Kali ini, aku bertekad...baca Al-Qur`an paling engga 2 `ain setiap hari. Syukur kalau bisa lebih.
Ada triknya niih, sahabat...kalau mau merubah kebiasan atau istilahnya hijrah yaa...

Apakah?

Aku gabung di beberapa grup whatsApp dan Tele yang ada kaitannya dengan setoran ngaji hari itu beserta kajian seputar kehidupan sehari-hari berdasarkan sunnah Rosululloh sholallahu`alaihi wassalam.



Apa itu mukjizat?
Mukjizat adalah keistimewaan yang diberikan Allah kepada Nabi atau Rasul-Nya.

Mukjizat yang kita ketahui dari Al-Qur`an pada Nabi dan Rasul sebelum Rasulullah sholallahu `alaihi wassalam di antara :

* Mukjizat Nabi Musa `alaihissalam mampu membelah lautan yang luas dengan tongkatnya. Dan tongkat ini pulalah yang mampu berubah menjadi ular besar dan memakan ular-ular buatan penyihir Fir`aun yang dzalim.

* Nabi Isa yang mampu mengobati orang sakit dan sejak bayi bisa berbicara layaknya orang dewasa.

* Nabi Sulaiman dengan kemampuannya berbicara bahasa binatang dan makhluk ghaib.

Ke semua mukjizat itu hilang seiring dengan meninggalnya sang Nabi atau Rasul. Namun mukjizat akhir zaman yang dibawa Rasulullah sholallahu `alaihi wassalam masih ada hingga kini. Maka, wajib bagi kita menjaga mukjizat tersebut agar tidak hilang seiring dengan berkembangnya zaman.



Al-Qur`an

Ya, mukjizat itu bernama Al-Qur`an.
Al-Qur`an berisi firman-firman Allah yang turun melalui malaikat Jibril. Begitu istimewa dan sayangnya Allah kepada hambaNya dan kita hanya menganggapnya biasa-biasa saja?

Kenapa Al-Qur`an disebut Mukjizat?

1. Karena adanya kemudahan dalam mempelajarinya.
Siapa yang bersungguh-sugguh, pasti diberi karomah. Termasuk dalam mempelajari Al-Qur`an dan memahami isinya. Bahkan kitab ini dipelajari oleh seluruh umat di dunia yang beragama muslim (maupun non-muslim, yang menginginkan kehancuran Islam) meskipun bahasanya bukan bahasa kita.
Karena sudah dijanjikan dalam QS. An-Nahl : 103 bahwa

وَلَقَدْ نَعْلَمُ أَنَّهُمْ يَقُولُونَ إِنَّمَا يُعَلِّمُهُ بَشَرٌ ۗ لِسَانُ الَّذِي يُلْحِدُونَ إِلَيْهِ أَعْجَمِيٌّ

وَهَٰذَا لِسَانٌ عَرَبِيٌّ مُبِينٌ


Dan sesungguhnya Kami mengetahui bahwa mereka berkata: "Sesungguhnya Al Quran itu diajarkan oleh seorang manusia kepadanya (Muhammad)". Padahal bahasa orang yang mereka tuduhkan (bahwa) Muhammad belajar kepadanya bahasa 'Ajam, sedang Al Quran adalah dalam bahasa Arab yang terang.



2. Karena kemudahan dalam menghapalkannya.
Jaman Rosululloh sholallahu`alaihi wassalam dahulu belum mengenal tulisan. Sehingga satu-satunya cara adalah dengan menghapal. Kemudian hapalan ini dilanjutkan oleh para sahabat, para tabi`in, dan seterusnya. Hal ini yang membuat Al-Qur`an terjaga selalu keasliannya karena lahir berjuta-juta penghapal Qur`an dari seluruh penjuru dunia.


Adapun teknik menghapal Al-Qur`an ada beberapa cara, yakni :

* Metode Klasik
Dengan mengulang-ulang bacaan Al-Qur`an. Dimulai dengan membuka mushaf hingga tidak membuka lagi dan berlanjut ke ayat atau lembar berikutnya.

* Metode Menulis
Selain menghapal dengan mengulang melalui lisan, menulis dianggap metode paling efektif. Karena memanfaatkan indera penglihatan dan pendengaran. Selain itu, tulisan tangan sendiri lebih mudah dipahami.

* Metode Menghapal dengan Memahami Maknanya terlebih dahulu

* Metode Menghapal dengan Partner
Pernah denger yaa...kalau kebaikan itu akan berjalan lancar kalau dilakukannya berjamaah alias tidak sendiri?
Ini salah satu caranya. Murojaah dengan saling mendengarkan hapalan bersama dua orang atau lebih.

* Menghapal dimulai dari belakang.

* Metode menggunakan alat bantu dengar (Al-Qur`an berbentuk audio)

* Menghapal menggunakan target
Setiap hari harus ada kemajuan dalam proses menghapal, karena sistemnya setoran.


Siapa yang tidak terharu jika memiliki keturunan penghapal Qur`an? Termasuk diri ini...
Dan ternyata, di dunia ini ada hafizh termuda yaitu anak berusia 4.5 tahun. Lebih muda dari Imam Syafi`i ( pemimpin mahzab Syafi`i) yang kala itu berusia 7 tahun.


3. Karena kemudahannya dalam memahami maknanya
Karena salah satu tujuan diturunkannya Al-Qur`an adalah menjadi petunjuk bagi umat Islam. Salah satunya ada di QS. Al-Baqarah : 185.


شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ 

سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ


(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). ...


Dan ada beberapa surat dengan keterangan sejenis.
* QS. Shad : 30
* QS. An-Nisa : 82
* QS. Yusuf : 2
* QS. Thaha : 113
* QS. Az-Zumar : 28
* QS. An-Nahl : 103
* QS. Maryam : 97
* QS. Ad-Dukhan : 58


Al-Qur`an umumnya menggunakan kata dan kalimat yang berulang-ulang. Sehingga memudahkan dalam menghapal dan memahami.



Jadi bagaimana kita menjaga mukjizat ini hingga akhir jaman?

* Dengan mendatangi mejelis-majelis yang mempelajari Al-Qur`an.
* Menjadi relawan Al-Qur`an yang mengajari Al-Qur`an dari mulai lingkungan terkecil atau lingkungan sekitar.
* Mengenalkan dan membiasakan anak-anak dengan Al-Qur`an sejak dini.
Dengan cara memperdengarkan Al-Qur`an di sela-sela aktivitas di rumah. 


Sekian tulisanku kali ini karena dirasa akan menjadi reminder bagi diri ini atas segala kealfaan sebagai hamba Allah. Semoga bermanfaat.


Wassalamu`alaykum warahmatullah wabarakatuh.



Salam hangat,













18 comments:

  1. Boleh juga tuh Mba, ane ikutan. Dari handphone Kita bisa ibadah Dan menambahkan Pahala

    ReplyDelete
  2. Mak jleb mbaaakkk., thx udah diingatkan. Pas anak kedua lahir aku berhenti odoj :(
    Skrng aku ngrasa ruhiyahku kering, kangen baca Al Quran dgn konsisten, kangen kajian :(
    Thx ya mbak udah diingetin
    Btw grup telenya apakah?

    ReplyDelete
  3. Ya Allah bener banget, baca Al Qur'an ini sering kelupaan. *tutup muka.

    ReplyDelete
  4. Iya sih kalau dulu masa sekolah setiap hari sehabis maghrib atau Isya selalu baca Alquran, sekarang sudah jarang seminggu sekali :(

    ReplyDelete
  5. setuju mba... aku mulai ngurangin ngambil peluang job. ini sisa2 job bulan ini. duh mudah2an istiqomah, aamiin

    ReplyDelete
  6. Aamiin! Ayo hijrah bareng dan saling mendoakan ^^

    ReplyDelete
  7. Baca Alquran ini alhamdulillah masih dilakukan ketika maghrib mengaji, semoga istiqomah. Aammin

    ReplyDelete
  8. Kapan saya terakhir kali ngapalin ayat suci alquran ya....waktu SMA kelas 3! Huhuhu. Abis itu ya udah sekadar ngaji aja. Dulu ngapalin karena ujian agama islam aja pula, tapi walo gitu kepake sampe sekarang hapalannya. Duh betapa dulu mah ngapalin gampang pisan ya. Skrng wadoohhh rasanya lupa wae. Harusnya emang dr kecil digenjot terus buat ngapalin. Tapi jangan berenti.

    ReplyDelete
  9. Makasih remindernya kakak... Sayapun sering tergoda

    ReplyDelete
  10. hafalan sha skrg udh mulai pudar teh, duh susah banget jaga hafalan Al Qur'an :(

    ReplyDelete
  11. aku sudah 2th kebelakang ini akhirnya download quran digital, supaya mengikuti kebiasaan badan yang lebih responsif sama layar hp. daripada malas buka quran, mendingan dialihkan qurannya ke tempat yang biasa kita pegang which is handphone hehehe.. semoga kita selalu istiqomah dalam mengkaji kitabNya ya mak. thanks for reminding us <3

    ReplyDelete
  12. Rajin menghapal ayat suci Al-Quran, waktu zamannya sekolah dulu, karena setiap pengambilan nilai raport harus ada hapalan yang disetorkan. ini PR banged buat saya, untuk konsisten membiasakan baca Al-Quran dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

    Thanks For Share and reminding Us Mba..

    ReplyDelete
  13. Untuk membaca aku masih mengandalkan magrib atau isya memang belum banyak aku targetkan sehalaman terlebih sekrang anakku mulai belajar solat n magrib makanya aku mau contohin juga.
    klo untuk menghafal aku masih yg klasik teh baca terus berulang semoga istiqomah jalaninnya aamiin makasih remindernya teh

    ReplyDelete
  14. Duh ini aku! Masih suka beralasan buat baca Al Quran. Makasih udah diingetin ya, Mbak Lendy. Mau mulai rajin membaca dan menghapalkan lagi ah. Ayooooo menjadi manusia lebih baik lagi :)

    ReplyDelete
  15. Makasih ya mba reminder dan tipsnya. Aku ingin anakku hafiz supaya ngajari emaknya yang belum lancar baca Qur'an.

    ReplyDelete
  16. Subhanallah kereen Mbak Lendy . . .

    ReplyDelete