Apa Perbedaan Tahsin Dan Talaqi?

Bismillah,


‎بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
KAJIAN MOTHER's ISLAMIC SCHOOL



Al-Hafizh Ibnu Rajab al-Hanbali mengatakan, “Ilmu yang bermanfaat adalah mempelajari al-Qur’an dan sunnah serta memahami makna kandungan keduanya dengan pemahaman para sahabat, tabi’in dan tabi’ tabi’in. Demikian juga dalam masalah hukum halal dan haram, zuhud dan masalah hati, dan lain sebagainya”
(Fadhlu Ilmi Khalaf, hlm. 26).


Oleh sebab itu marilah kita bersama-sama menghadiri kajian rutin yang insyaa Allah akan dilaksanakan :

🗓  Kamis, 12 September 2019/
        12 Muharram 1441 H
🕰  09.00 - 11.00
👤  Ustadzah Washilatul Khofifah
🏷  Tahsin dan Talaqi
      
🏚  Shahia Gallery
        Jl. Kliningan No. 7 Bandung
🚗 Parkir di SMKN 4 (seberang Shahia)

Jazzakunallah khoiron katsiron, ummahat.



Alhamdulillah,
Kajian Mother Islamic School sudah berjalan sepekan. Dan kira-kira ada beberapa hal yang bisa ana simpulkan, meskipun pada prakteknya, kajian seperti Tahsin dan Talaqi ini adalah kajian yang membutuhkan kehadiran dan praktek langsung, namun beberapa point yang ana dapatkan kajian adalah 


Perbedaan Tahsin dan Talaqi


Keduanya adalah metode pengajaran mengaji yang digunakan di dalam kelas mengaji. Yang menjadi pembeda adalah

Tahsin : Bisa belajar sendiri karena biasanya menggunakan media buku yang menjelaskan secara mendetail mengenai makhrojul huruf (tempat keluarnya huruf).

Buku yang biasa kami pakai adalah iqra Asy-Syafii, karena penjelasan di dalamnya sangat lengkap dan lebih mudah dipahami.



Talaqi : Belajar mengaji dengan cara memperhatikan gerak mulut Ustadz/Ustadzah agar paham betul tempat keluarnya huruf dan bunyi dari hurufnya. 

Jadi idealnya memang kelas Talaqi ini tidak dalam jumlah yang besar, agar lebih efisien dan sang pengajar bisa memperhatikan muridnya satu per-satu saat menirukan apa yang diajarkan.

Terasa sekali lebih efisien belajar mengaji dengan metode Talaqi ini.


**bila memerlukan belajar Talaqi, ana merekam suara saat kami latihan.
Namun afwan, dengan akses terbatas karena yang mengajar adalah seorang Ustadzah, jadi ahsannya yang mendengar dan belajar sesama akhowat aja yaa...

Bisa kirim email ke 
moetz.chayang@gmail.com



Namun Ustadzah memberi info untuk yang ingin belajar mandiri, bisa mendengarkan audio dari

Asy Syaikh Aiman Rusydi Suwaid
Syekh Mahmoud Khalil Al-Hussary
Syekh Shiddiq Al Minshawi 



Sekian resume kajian Tahsin & Talaqi MISc pekan ini.
Semoga bermanfaat.


Wallahu a'alam bishowab.



Salam hangat,


18 comments:

  1. Iya betul teh, kalau mau Talaqi memang tidk dalam jumlah banyak. Kalau ditempat mamahku hanya 8 orang saja, kebetulan pernah ikut beberapa kali saja.

    ReplyDelete
  2. Aku menerapkan keduanya nih kalo pas belajar ngaji sama bocah..kadang ada pengucapan anak2 yang harus dikasi contoh gerakan mulutnya gmn.. tfs yo Lend..

    ReplyDelete
  3. Makasiii sharingnya Teteh
    Aku lamaaa nih ngga ikutan kelas tahsin
    pengin perbaikan bacaan Al_Quran jugaaak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Anakku di kelasnya ada kelas Tahsin, mba. Aku sendiri kurang paham sehingga syuurlah anak terbantu dengan kegiatan Tahsin di sekolahnya

    ReplyDelete
  5. Terimakasih sudah meresume hasil kajiannya teh Lendy, semoga kita semua jadi muslimah yang solihah istiqomah aamiin

    ReplyDelete
  6. Mamaku belajar tahsin di masjid dekat rumah, kalau Talawi harus semi privat ya karena pengucapannya harus benar meniru gurunya

    ReplyDelete
  7. Kalau yang sudah lancar lebih enak pakai metode tahsin ya, bisa sewaktu-waktu dilakukan sendiri. Kalau yang masih belajar, cocoknya memang pakai metode talaqi

    ReplyDelete
  8. Kalau dulu sewaktu belajar ngaji seringnya pakai metode tahsin. Belum pernah pakai metode talaqi. Kayaknya kalau pakai talaqi akan lebih dalam lagi dan mudah diingat.

    ReplyDelete
  9. Semoga semakin lancar mengajinya ya mba. Tentu dengan metode yang semakin mudah dijalankan :)

    ReplyDelete
  10. saya belum pernah belajar membaca Al Qurán dengan metode Talaqi (mengacu dari definisi yang dijelaskan). Berarti saya belajar ngajinya dengan metode tahsin.

    Semangat terus untuk belajar mengaji dan semoga lancar dan berkah

    ReplyDelete
  11. aku belajarnya selama ini berarti tahsin. Terima aksih sduh menjelaskan mbaaa

    ReplyDelete
  12. Bearti selama ini aku belajarnya Tahsin. Baru paham aku. Terimaksih banyak mbak untuk imu pemahamannya

    ReplyDelete
  13. Sekolah anak-anak saya menggunakan kedua metode tersebut, tahsin dan talaqi
    Semoga anak-anak bisa lebih benar cara mengajinya ya...

    ReplyDelete
  14. Aku tahunya metode tahsin Mbak. Kalau Talaqi tahunya di sini hehhehe.
    Terima kasih untuk informasinya dan link audionya ya Mbak

    ReplyDelete
  15. Kalau dulu aku belajar ngaji menggunakan metode Talaqi teh, aku pengin bangeet belajar ngaji lagi teh

    ReplyDelete
  16. Oh tak kira belajar ilmu tajwid dan makhorijul huruf baik melalui buku atau langsung dgn gurunya itu disebut belajar tahsin. Ternyata beda yaa...
    Trimksh mbak infonya, jd paham sekarang.

    ReplyDelete
  17. Ya ampun selama ini aku salah ternyata. Tak pikir talaqi ini sama seperti tahsin. Jazakillah khairan ya ukhti.

    ReplyDelete
  18. Aku pengen belajar talaqi deh biar bener ngajinya karena lihat langsung dari ustazahnya.

    ReplyDelete